Khasiat & Manfaat Asam Jawa Yang Menakjubkan

Khasiat & Manfaat Asam Jawa Yang Menakjubkan - Hallo sahabat thomasmonteils, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Khasiat & Manfaat Asam Jawa Yang Menakjubkan, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Manfaat Asam Jawa, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

khasiat manfaat asam jawa

Asam jawa dengan nama latin Tamarindus indica merupakan sebuah kultivar daerah tropis dan termasuk tumbuhan berbuah polong. Batang pohonnya yang cukup keras mampu tumbuh menjadi besar dan daunnya sangat rindang. Daun asam jawa bertangkai panjang, kurang lebih sekitar 17 cm dan bersirip genap. Bunganya berwarna kuning kemerah-merahan dan buah polongnya berwarna coklat dengan rasa khas asam. Di dalam buah polong selain terdapat kulit yang membungkus daging buah, juga terdapat biji berjumlah 2 - 5 yang berbentuk pipih dengan warna coklat agak kehitaman.

Bermanfaat untuk mengobati bisul. Ambil asam jawa secukupnya, kemudian direndam kedalam 1 gelas air hingga mengembang, selanjutnya campur dengan 5 iris temulawak, dan gula aren sebagai pemanis. Masak hingga mendidih hingga airnya tinggal setengah. Untuk penggunaannya, diminum 1x sehari sampai sembuh. Selain itu juga bisa dengan cara ditempelkan langsung pada bisul, caranya asam jawa secukupnya ditambah sedikit garam dan sedikit minyak, kemudian dicampur dan dilumatkan. Tempelkan ke bisul. Lakukan secara rutin agar mendapat hasil yang maksimal.

Mengatasi nyeri saat haid. 10 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris, gula aren untuk memperbaiki rasa, direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Masukkan asam kawak sebesar telur burung puyuh. Aduk sampai asamnya mengembang. Saring, lalu minum sekali sehari selama seminggu sebelum haid. 

Mengobati jerawat yang tak kunjung sembuh. Siapkan asam jawa secukupnya, 12 helai daun sambiloto, 10 iris temulawak, kencur 5 cm, 1 sendok teh adas, 10 helai daun jintan, semua dicuci lalu lumatkan semua bahan. Beri sekitar 1 2/2 gelas air, saring dan ampasnya diperas dengan kain halus. Minum secara rutin 3x sehari. Untuk penggunaan obat luar: Asam jawa secukupnya, cucu dengan air bersih, kemudian remas-remas hingga lembut, disaring dan airnya dipakai untuk mencuci muka menjelang tidur malam.

Mengatasi rasa gatal pada bekas luka yang sudah kering. Asam jawa yang sudah dicuci pakai air matang, tunggu sebentar biarkan lembap, lalu digosokkan ke bekas luka yang gatal.

Membantu mengatasi keputihan. Ambil asam jawa sebesar kelereng, 25 helai daun beluntas dicuci, kunyit 5 cm dicuci, dikupas, sedikit gula aren. Daun asam dan kunyit dilumatkan, diseduh dengan 1/2 gelas air panas. Masukkan asam dan gula. Aduk-aduk sampai gula larut. Peras dengan kain. Diminum menjelang tidur malam setiap hari.

Mengurangi bau anyir saat haid. Asam jawa secukupnya dicampur dengan 10 iris temulawak yang dicuci dulu sebelum diiris dan irisan gula aren. Seduh dengan segelas air. Aduk rata. Setelah dingin disaring. Diminum 1x sehari selama haid.

Mengobati batuk kering. 2 gelas daun asam, 2 gelas daun saga, 5 cm kayu manis Cina dicuci, direbus dengan 3 gelas air sampai airnya tinggal 2 gelas. Diminum siang hari, sebagai pengganti air minum biasa. Ulangi selama beberapa hari.

Berkhasiat untuk mengobati borok. Gunakan biji-biji asam dan cuci hingga bersih, kemudian kupas dan lumatkan. Tempelkan pada borok.

Mengatasi gatal dan bintik-bintik merah pada kulit. 8 iris temulawak (dicuci dulu sebelum diiris-iris) ditambah gula aren dan direbus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Masukkan asam jawa secukupnya, aduk sampai keluar sari asamnya. Saring dengan kain atau saringan, minum sekali sehari sampai sembuh.

Berkhasiat mengobati sariawan. 1 cangkir daun asam muda, sepotong kunyit 5 cm. Semua dicuci, kunyit diiris. Rebus dengan 4 gelas air sampai airnya tinggal setengah. Supaya rasanya agak enak, boleh ditambahkan gula aren saat merebus. Saring. Minum pagi dan sore. Ulangi selama beberapa hari.

Itulah khasiat dan manfaat asam jawa yang menakjubkan. Anda dapat membeli asam jawa di warung-warung penjual sayur mentah atau di pasar pasti ada yang jual. 


Demikianlah Artikel Khasiat & Manfaat Asam Jawa Yang Menakjubkan

Sekianlah artikel Khasiat & Manfaat Asam Jawa Yang Menakjubkan kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Khasiat & Manfaat Asam Jawa Yang Menakjubkan dengan alamat link http://thomasmonteils.blogspot.com/2016/02/khasiat-dan-manfaat-asam-jawa.html